Tuesday, December 13, 2011

Sta. Clara

Pesta: 11 Agustus

Clara adalah puteri seorang pangeran. Ia mendengarkan Khotbah St. Fransiskus di jalan-jalan kota Assisi dan iapun mengatakan kepada St. Fransiskus keinginannya untuk memberikan dirinya kepada Tuhan.

Pada waktu berumur 18 tahun, ia pergi meninggalkan istana dengan seorang teman. Mereka pergi ke Gereja Bunda Maria dari para malaikat, dan di sana ia menemui St. Fransiskus dan para saudara lainnya. Di gereja kecil dan miskin ini ia menerima sebuah pakaian rohani kasar, serta mengganti ikat pinggangnya yang penuh permata dengan sebuah tali bersimpul dan ia menguduskan hidupnya kepada Tuhan di depan altar Gereja Bunda Kita.

Di sebuah rumah kecil di luar Assisi, ia mengawali Ordo para Claris Miskin. Kemudian saudari dan ibunya, dan banyak wanita bangsawan lainnya ikut bergabung bersama dengannya. Mereka mengembangkan hidup doa, hening, bekerja, dan berpuasa.

Pada suatu hari, ada musuh yang mau menyerang biara. Santa Clara memengang Sakramen Mahakudus di sebuah monstrans dan berdiri di depan pintu gerbang. Ia berdoa mohon bantuan dan para musuh lari menghilang.

Santa Clara meninggal pada tahun 1253.

Sta. Clara ajarilah kami untuk selalu mengikuti teladanmu dalam menumbuhkembangkan iman akan Kristus.

Pada bulan Agustus 2011 juga dikenang beberapa Santo (St.) ataupun Santa (Sta), sebagai berikut:
01 Agustus-> St. Alfonsus Maria de Liguori
04 Agustus-> St. Yohanes Maria Vianney
06 Agustus-> Pesta Yesus Menampakkan Kemuliaan-NYA
08 Agustus-> St. Dominikus Guzman
11 Agustus-> Sta. Clara
20 Agustus-> St. Bernardus
22 Agustus-> SP. Maria Ratu
24 Agustus-> St. Bartolomeus, Ras
27 Agustus-> St. Monika
29 Agustus-> Wafatnya St. Yohanes Pembaptis

Sumber:

Yayasan Pustaka Nusatama
http://www.pustakanusatama.com/

Artikel Lainnya:

Cara Instal Kdevelop

Pembaca budiman yang terbiasa menggunakan Kdevelop sebagai text editor untuk membuat atau membaca semua script yang dibuat. Berikut ini cara...