Tuesday, December 13, 2011

Sta. Agnes

Pesta: 21 Januari

Agnes baru berusia duabelas tahun saat ia dibawa ke altar berhala dewi Minerva di Roma untuk mempersembahkan kemenyan bagi sang dewi. Tetapi apa yang terjadi? Agnes malah mengangkat tangan terarah kepada Yesus Kristus dan membuat tanda salib dengan mantap.

Para serdadu pun mengikat tangan dan kakinya. Tangannya begitu kurus sehingga rantai-rantai terlepas dari pergelangannya. Saat hakim melihat bahwa ia tidak takut akan rasa sakit, sang serdadu menanggalkan pakaian Agnes, dan Agnes diharuskan berdiri di jalan di hadapan kerumunan para penyembah berhala. Agnes pun berseru-seru dengan lantang: "Kristus akan menjaga kepunyaan-NYA"

Agnes ditawarkan menikah dengan seorang pria kaya, namun ia menjawab: "Kristus adalah mempelaiku, IA yang telah memilihku dan aku hanya akan menjadi milik-NYA." IA membuat jiwaku indah berhiaskan rahmat dan keutamaan. Aku milik DIA yang dilayani oleh para malaikat."

Agnes pun menundukkan kepala dan hanya dengan satu kali potong, terpenggallah kepalanya. Nama Agnes berarti "domba" bagai domba ia lembut dan murni.

Sta. Agnes ajarilah kami untuk senantiasa bersikap lembut dan penuh kasih kepada sesama.

Pada bulan Januari 2011 juga dikenang beberapa Santo (St.) ataupun Santa (Sta), sebagai berikut:
01 Januari-> Hari Raya Sp. Maria Bunda Allah (Hari Perdamaian Sedunia)
17 Januari-> St. Antonius
21 Januari-> Sta. Agnes
25 Januari-> Bertobatnya St. Paulus, Ras
28 Januari-> St. Tomas Aquino
29 Januari-> St. Josef
31 Januari-> St. Yohanes Don Bosco

Sumber:
Yayasan Pustaka Nusatama
http://www.pustakanusatama.com/

Artikel Lainnya:

Cara Instal Kdevelop

Pembaca budiman yang terbiasa menggunakan Kdevelop sebagai text editor untuk membuat atau membaca semua script yang dibuat. Berikut ini cara...