Tuesday, December 13, 2011

Sta. Lusia

Pesta: 13 Desember

Lucia hidup di daerah Sisilia sekitar tahun 300. Pada usianya yang masih amat muda ia telah memutuskan untuk mempersembahkan dirinya kepada Tuhan. Akibatnya, pemuda kaya yang ingin menikahi dia marah bahkan menuduhnya seorang Kristen.

Lusia digiring kepada gubernur kota untuk diadili. Gubernur berkata: "Apakah Roh Kudus yang ada di dalam dirimu adalah Tuhan yang engkau ucapakan itu?" Jawab Lusia: "Mereka yang hatinya suci dan murni, mereka adalah bait dari Roh Kudus."

"Baik, saya akan membuatmu jatuh dalam dosa, maka Roh Kudus itu akan meninggalkan engkau." Lusia pun menjawab: "Saya tidak pernah akan berdosa, dan justru karena itulah maka Roh Kudus akan memberiku hadiah yang lebih besar."

Dan memang, tak ada seorang pun yang dapat memaksanya berbuat dosa. Lusia lalu berkata: "Kau lihat sekarang, bahwa saya adalah Bait Roh Kudus dan bagaimana Roh Kudus melindungiku."

Gubernur itupun memerintahkan agar ia dibakar hidup-hidup, namun Lusia sama sekali tidak terbakar. Pada akhirnya, sebuah pedang ditikamkan menembus jantungnya. Herannya, ia tidak mati, sebelum seorang imam memberikan kepadanya Komuni Kudus.

Sta. Lusia ajarilah kami untuk percaya akan penyertaan Roh Kudus dalam kehidupan kami.

Pada bulan Desember 2011 dilakukan, sebagai berikut:
03 Desember-> Pesta St. Fransiskus Xaverius
07 Desember-> St. Ambrosius
08 Desember-> Hari Raya SP. Maria Mengandung Tanpa Dosa
13 Desember-> St. Lusia
14 Desember-> St. Yohanes dari Salib
25 Desember-> Hari Raya Natal (Kelahiran Yesus Kristus)
26 Desember-> Pesta St. Stefanus, Martir Pertama yang mati dirajam dengan batu

Sumber:
Yayasan Pustaka Nusatama
http://www.pustakanusatama.com/

Artikel Lainnya:

Cara Instal Kdevelop

Pembaca budiman yang terbiasa menggunakan Kdevelop sebagai text editor untuk membuat atau membaca semua script yang dibuat. Berikut ini cara...