Sunday, August 14, 2011

Puasa, Siapa Takut Bau Mulut

Nafas bau atau aroma mulut yang tidak sedap, sebenarnya menjadi hal biasa bagi orang yang sedang menjalankan ibadah saum. Bahkan, bau mulut menjadi ciri khas orang yang sedang berpuasa. Sebab, puasa atau tidaknya seseorang, itu bisa diketahui melalui bau mulutnya. Bagi sebagian orang, bau mulut tak jarang menjadi masalah. Seperti, mengurangi rasa percaya diri dan kurang nyaman saat berbicara.

Bau mulut pernah dirasakan Mutia Hafilizara. Mahasiswi Institut Pertanian Bogor ini terkadang merasa tidak nyaman dengan hal tersebut. "Kalau puasa, pastilah, nafasnya bau. Soalnya khan sikat gigi terakhir cuma pas imsak," kata cewek yang biasa disapa Mutia itu.

Tapi ia tidak mempermasalahkan nafasnya yang bau saat puasa. Karena, bukan cuma dia, semua orang yang sedang puasa pun begitu. Hal ini juga menunjukkan bahwa dirinya memang sedang menjalankan ibadah puasa.

Namun, Mutia tetap berupaya mencegah agar nafasnya tidak terlalu bau. "Biasanya pas sahur itu makan buah pasa mau imsak, terus sikat gigi juga tambah pake mouthwash," katanya.

Menurut Mutia, hal-hal yang dia lakukan itu memang sedikit mengurangi bau mulutnya walaupun tidak terlalu harum. Perlu dihindari juga menyantap makanan yang baunya tahan lama, seperti petai dan jengkol, karena aromanya sulit dihilangkan. Sebenarnya menghindari makanan-makanan itu tak hanya dilakukan di bulan puasa. Tapi, di hari-hari lain jika memang enggan memperoleh bau yang tidak sedap dari mulut.

So, buat Sobat Xpresi, jagalah mulutmut. Karena mulut bisa jadi harimaumu saat puasa seperti ini. Tapi tenang aja, orang yang berpuasa memang punya bau mulut yang khas.

Jadi jangan pernah malu karena kita sedang menjalankan ibadah puasa. (mg4)


FUN FACT
  1. Puasa tidak menyebabkan mulut kita bau, karena tidak ada makanan yang dikonsumsi oleh enzim.
  2. Nikotin pada rokok tidak menyebabkan kita rilex, namun efek dari menghisap yang membuat kita rilex.
  3. Seafood, beras perang, dan kekacangan. Semua ini pemangkit tiaccin untuk merangsang mood.


Sumber:
Radar Bogor, Halaman 6
Kolom XPRESI
Kamis, 4 Agustus 2011
04 Ramadhan 1432 H

Artikel Lainnya:
Bagaimana Hukum Berkumur Waktu Puasa?
Ngabuburit Bareng Teman, Pasti Seru
Tips Nagbuburit Mengasyikkan
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
Bau Busuk Mulut (BBM)
Makan Timun untuk Menghilangkan Bau Mulut
Puasa, Siapa Takut Bau Mulut
Muzzaki
Bermanfaat Asal Tepat
Hiduplah Sesuai Kemampuan
Doa dan Ucapan Syukur
Menjawab Kerancuan Hukum Alkohol (C2H5OH)
Waspadai Angin Duduk
Bagaimana Mengontrol Emosi?
Bokasan
Kalender, Hari Libur dan Bersejarah
Ini Moneter Baru

Cara Instal Kdevelop

Pembaca budiman yang terbiasa menggunakan Kdevelop sebagai text editor untuk membuat atau membaca semua script yang dibuat. Berikut ini cara...