Tuesday, December 13, 2011

St. Laurensius

Pesta: 10 Agustus

Laurensius adalah salah satu dari tujuh diakon yang melayani Gereja Roma. Ia bertuga membantu Sri Paus dalam perayaan Misa Kudus dan memberikan Komuni Kudus kepada umat. Ia bertanggungjawab atas harta Gereja, membagikan persembahan umat Kristiani kepada fakir miskin.

Menjelang wafatnya Paus Sixtus, Laurensius menangis karena ia tidak dapat mati bersama Paus. Sri Paus berkata: "Jangan menangis anakku, dalam tiga hari kau akan menyusul aku."

Laurensius kemudian ditangkap dan ditahan. Saat walikota memerintahkannya untuk menyerahkan harta Gereja, ia mengumpulkan fakir miskin dan orang-orang sakit. Sambil menunjukkan mereka pada walikota, ia berkata: "Merekalah harta Gereja yang sebenarnya."

Menurut sebuah legenda yang terkenal, Laurensius mengalami kemartiran dengan dipanggang di atas api. Ketika sedanga dipanggang ia berkata kepada algojo, "Anda sudah boleh membalik tubuhku, sebab separuhnya sudah cukup terpanggang."

Santo dan martir Laurensius wafat pada tahun 258.

St. Laurensius ajarilah kami untuk perduli dan tidak terlalu mengikatkan diri pada harta duniawi.

Pada bulan Maret 2011 juga dikenang beberapa Santo (St.), sebagai berikut:
07 Maret-> St. Perpetua dan Felisitas
09 Maret-> Hari Rabu Abu
19 Maret-> Hari Raya St. Yusuf suami SP. Maria
25 Maret-> Hari Raya Kabar Sukacita

Sumber:
Yayasan Pustaka Nusatama
http://www.pustakanusatama.com/

Artikel Lainnya:

Cara Instal Kdevelop

Pembaca budiman yang terbiasa menggunakan Kdevelop sebagai text editor untuk membuat atau membaca semua script yang dibuat. Berikut ini cara...