Thursday, February 26, 2015

Biohidrogen

Biohidrogen adalah salah satu alternatif energi bersih terbarukan dan sebagai pasokan air bersih berkelanjutan.

Biohidrogen dapat didefinisikan sebagai gas hidrogen yang diproduksi secara biologis. Gas hidrogen dapat dihasilkan oleh mikroorganisme tertentu dan yang paling sering diproduksi oleh mikroalga, bakteri anaerobik dan bakteri fotosintetik. Biohidrogen adalah biofuel potensial karena terbarukan yang dapat diperoleh dari budidaya (perkebunan) dan dari limbah bahan organik.

Tabel hasil produksi Biohidrogen dari limbah cair industri makanan melalui proses fotofermentasi, sebagai berikut:

Sebuah sel bahan bakar (fuel cell) mengubah energi kimia dalam hidrogen dan oksigen menjadi energi listrik arus searah oleh reaksi elektrokimia. Sel bahan bakar adalaha perangkat yang mengkorversi gas hidrogen langsung ke tegangan rendah, listrik arus searah. Untuk menggunakan fuel cell di mobil, kekuatan penggerak berasal dari motor listrik.  Fuel Cell memasok listrik arus searah. Perusahaan mobil besar sekarang memiliki sebuah fuel cell atau mesin pembakaran internal yang didukung oleh hidrogen. Hidrogen dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk kedua mesin pembakaran internal dan fuel cell. Hal ini juga dapat diaplikasikan pada sepeda. Selain itu pemanfaatan fuel cell juga diterapkan dalam sistem UPS (Uninterruptible Power Supply). Fuel Cell menggantikan peran mesin diesel karena dianggap menyebabkan polusi udara dan suara.

Sumber:
LIPI
Dr. Dwi Susilaningsih
dwi.susilaningsih@lipi.go.id








Artikel Lainnya:
Beranda (Home)
Toko Image Gambar
Rahasia Sukses
Kaizen (改善)
ABS (Asal Bapak Senang)
Dragon Blade (天将雄狮)
Ponyo
Daftar Film dan Sinopsisnya
Biohidrogen
Larutan Rakhcan
Black Amethyst
Suiseki (水 石)
Akik Gambar (Picture Agate)
Daftar Tarif Pengiriman Tiki
Pertanyaan yang sering ditanyakan
Hobby Selfie Positif Tidak Akan Melahirkan Exhibitionist
Toko Image Gambar
Ke Beranda (Back to home)

Cara Instal Kdevelop

Pembaca budiman yang terbiasa menggunakan Kdevelop sebagai text editor untuk membuat atau membaca semua script yang dibuat. Berikut ini cara...