Tuesday, March 5, 2013

Perfect Metamorphosis of Butterfly

Kupu-kupu adalah serangga yang mengalami proses Metamorfosis Sempurna (Perfect Metamorphosis) dalam siklus kehidupannya. Proses perubahan bentuk dari telur, ulat, pupa/kepompong dan kemudian menjadi kupu-kupu.


Proses Metamorfosis Kupu-Kupu, sebagai berikut:
1. Kupu-kupu (Butterfly)
2. Telur (Egg)
3. Ulat (Caterpillar)
4. Pupa atau Kepompong (Cocoon)

Kupu-kupu masih mudah ditemukan hampir diseluruh dunia. Kupu-kupu senang sekali bertelur pada pohon tanjung, semua jenis pohon jeruk, pohon srikaya, pohon kurma, dan sebagainya. Telur akan menetas menjadi ulat yang sangat kecil dengan ukuran tubuh 1-2mm dan panjang tubuh dari 0,5-1 cm. Ulat ini menjadi sangat rakus hingga ukuran tubuhnya membesar, berbulu, dan panjang tubuhnya dari 5 cm hingga 10 cm. Ketika saatnya tiba, ulat ini akan menempel pada ranting pohon yang kuat dan menjadi sebuah pupa atau kempompong. Setelah 1-4 minggu kemudian pupu terbelah dan keluarlah kupu-kupu yang indah.

Selain kupu-kupu, serangga yang mengalami juga proses Metamorfosis sempurna, seperti ngengat, nyamuk, lalat, lebah, katak, amfibi, mollusca, crustacea, echinodermata, dan tunicata. Hewan lainnya pada umumnya tidak mengalami metamorfosis, seperti kecoa, belalang, kutu, laron, dan sebagainya. Pada proses metamorfosis tidak sempurna ini biasanya terjadi proses fisik, yaitu pergantian kulit yang disebut molting. Serangga tersebut dapat mengalami empat kali molting. Sebagai contoh kecoa akan bertelur, lalu menetas menjadi kecoa kecil berkembang menjadi kecoa remaja dan terakhir menjadi kecoa dewasa.

Artikel Lainnya:
Beranda (Home)
Toko Image Gambar
Beautiful Picture 60
Beautiful Picture 61
Beautiful Picture 62
Beautiful Picture 63
Beautiful Picture 64
Beautiful Picture 65
Beautiful Picture 66
Suiseki Asal Jepang
Perfect Metamorphosis of Butterfly
Kisah Dua Ular
Sang Predator
Arowana
Cikeas Kian Mengurita
Membongkar Gurita Cikeas
Fantastic Beast & Where to Find Them
500 Tanaman Hias Populer
Ponyo
Kisah Anjing yang Tetap Setia Meski di Tengah Tsunami
10 Binatang Hasil Kawin Silang
Aneka Kisah Naga di Dunia
Asal Muasal Naga
Komodo Naga yang Tersisa!
Misteri Alien
Akik Gambar Hantu Wewe Gombel
Akik Gambar Hantu Pocong
Daftar Film dan Sinopsisnya
Toko Image Gambar
Ke Beranda (Back to home)

Cara Instal Kdevelop

Pembaca budiman yang terbiasa menggunakan Kdevelop sebagai text editor untuk membuat atau membaca semua script yang dibuat. Berikut ini cara...